Pengertian Antroposfer

Pengertian Antroposfer
Antroposfer adalah lapisan dan kehidupan manusia.  Antroposfer berasal dari dua kata yaitu antrophos yang berarti manusia dan sphaira yang berarti lapisan, Pembahasan mengenai antroposfer ditekankan pada fenomena kependudukan yang terjadi di muka bumi ini. Fenomena kependudukan berhubungan dengan permasalahan kependudukan, antara lain mengenai jumlah penduduk, kepadatan penduduk dan kualitas penduduk.

Sudah bertahun bahkan berabad lamanya manusia menghuni bumi, tetapi masalah penduduk takkan pernah selesai dan pasti selalu ada. Masalah kependudukan saat ini lebih rumit daripada masa yang lalu. Pada masa terdahulu ruang lingkup permasalahan pendudukan belum meluas ke seleruh dunia. Namun, Saat ini masalah kependudukan ini telah banyak dirasakan oleh negara yang ada di dunia, terutama negara yang sedang berkembang.

Banyak negara yang terus memusatkan perhatiannya kepada permasalah kependudukan. Masalah kependudukan tersebut muncul terutama akibat pertumbuhan penduduk yang terlalu banyak dan cepat. Pertumbuhan penduduk yang sangat banyak dan cepat pada umunya ada di negara yang sedang berkembang seperti Indonesia dan negara Amerika Latin serta Afrika. Pertumbuhan penduduk yang cepat dan banyak di negara berkembang mengakibatkan kebutuhan penduduk menjadi beragam. Terutama untuk makanan. Hal itu perlu dilakukan untuk menjamin hidup masyarakat.

Guna memenuhi kebutahan masyarakat tersebut , masyarakat sering melakukan eksploitasi terhadap alam. Namun, karena eksploitasi dilakukan secara berlebihan akan mengakibatkan alam makin lama makin rusak dan tidak produktif lagi.

Permasalahan yang timbul akibat pertumbuhan penduduk yang cepat antara lain kekurangan makanan bagi penduduk, kekurang lapangan perkerjaan dan pendidikan, kurangnya rumah atau tempat tinggal, serta kekurangan air bersih. Namun, banyaknya permasalahan yang berkaitan yang berkaitan dengan kependudukan dapat juga menimbulkan kesadaran manusia untuk mempelajarinya. Pada akhirnya manusia mampu memperolah pengetahuan untuk mencari solusi terhadap masalah tersebut.

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.